Wednesday, January 18, 2012

Makanan Nutrisi saat Flu


Cuaca yang tak terduga (ekstrim) akhir-akhir ini cenderung membuat tubuh mudah terkena flu. Virus mudah menyerang dan daya tahan tubuhpun turun. 

Ada beberapa jenis makanan sehat  berikut ini bisa menaikkan daya tahan tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas dan serangan virus flu. 
Dengan makan makanan bernutrisi tinggi secara teratur daya tahan tubuh meningkat dan tubuhpun lebih sehat.


Jus buah yang dibuat es krim atau es loli
Minum juz buah yang dibuat es krim atau es loli saat flu bisa mengobati tenggorokan gatal, bengkak maupun kering serta bisa mencegah dehidrasi. Carilah es loli yang terbuat dari 100% jus buah untuk mendapatkan nutrisi penting buat tubuh. Rasa apel, anggur atau strawberi bisa jadi pilihan tepat.

Sandwich 
Daging ayam kampung baik bagi tubuh untuk mencegah datangnya penyakit. Mengandung protein bebas lemak, dan kandungan nutrisi yang baik untuk menambah energi tubuh.

Salad atau Jus sayur 
Membuat dan menikmati semangkuk salad mungkin baik dilakukan saat tubuh terkena flu. Namun, segelas jus sayuran bisa jadi solusi tepat yang praktis. Selain lebih mudah dalam proses pembuatan, antioksidan dan cairannya juga bisa membuat tubuh tetap bugar. 

Sup ayam
Sup ayam memiliki efek anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan gejala flu. Sebuah studi menyatakan bahwa sup ayam panas bisa meningkatkan kemampuan cilia, rambut halus dalam hidung untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang bisa menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan sistem saluran pernapasan sehingga mencegah hidung tersumbat. Bawang putih bisa jadi pilihan tepat untuk dicampurkan kedalam makanan seperti sup.

Jahe
Sakit perut, mual, diare? Jahe solusinya. Menurut beberapa penelitian khasiat dahsyat jahe bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Coba tambahkan jahe bentuk bubuk pada makanan atau minuman hangat.

Teh panas
Teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan yang baik untuk melawan penyakit. Menghirup segarnya aroma teh juga bisa melegakan hidung tersumbat. Tambahkan satu sendok madu dan air jeruk lemon untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Pisang
Dipotong, dihaluskan, atau dimakan segar tidak hanya manis, tetapi juga bisa membantu meredakan flu, mual, muntah, dan diare. Karenanya selalu ada pisang dalam menu para pasien di rumah sakit.

Roti panggang
Makan selembar roti panggang mampu memperkuat tubuh untuk melawan penyakit. Selain enak dimakan sebagai makanan pendamping sup ayam, roti panggang  juga bisa meredakan rasa lapar saat lambung sedang tak mampu menerima makanan berat.






No comments:

Post a Comment