Monday, January 9, 2012

Jembatan yang TER di Dunia

Jembatan Tertinggi di Dunia


Jembatan ini berada di Meksiko, dinamakan jembatan Baluarte yang memiliki tinggi 403 m dengan panjang 1124 M. Melintas di pegunungan Sierra Madre, Meksiko Utara.

Ternyata yang membangun jembatan Baluarte ini adalah insinyur dari China yang juga membangun jembatan Suramadu.

Pada tanggal 5 Januari 2012 Presiden Meksiko Felipe Calderon meresmikan pembukaan Jembatan Baluarte yang menjadi jembatan kabel-penahan (cable-stayed) tertinggi di dunia.

Jembatan dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas lembah Pegunungan Sierra Madre Occidental tersebut terletak di antara Kota Concordia di Sinaloa dan Pueblo Nuevo di Durango. Jembatan ini menjadi penghubung jalan raya Durango-Mazatlan.
Pemerintah Meksiko memerlukan waktu empat tahun sejak Februari 2008 untuk merampungkan jembatan dengan 12 pilar beton tersebut. Dua tiang yang menjulang di atas jembatan itu menopang kabel-kabel baja dengan panjang mencapai 520 meter yang menjadi penahan jembatan.

Jembatan berjuluk "Tulang Punggung Setan" ini bukan yang paling tinggi di dunia. Predikat jembatan tertinggi masih dipegang oleh jembatan gantung (suspension bridge) di China, yang membentang 496 m di atas Sungai Si Du di Provinsi Hubei.

Jembatan Tertinggi di Prancis








Jembatan tertinggi lainnya di dunia yaitu Millau Viaduct, di Prancis.

Jembatan ini mempunyai tinggi 343 M dengan panjang 2.460 M dan lebar 32 M.
Designer dari jembatan ini yaitu architect Norman Foster (British) n structure Michel Virlogeux (French).


Jembatan yang dirancang oleh Lord Norman Foster yang berkebangsaan Inggris dibangun pada Desember 2001 dan selesai pada Desember 2004. Merupakan suatu proyek yang sangat mengagumkan. Jembatan yang terbentang sepanjang 2.460 m dibagi atas 8 bentang, yaitu 2 x 204 m dan 6 x 342 m dan ditopang oleh 7 pilar yang mempunyai ketinggian antara 78 - 245 m. Pada struktur atas, yaitu untuk sarana jalan rayanya, mempunyai lebar 32 m.

Dibutuhkan sekitar 85.000 kubikmeter beton untuk pengecoran 7 buah pilar yang sungguh luar biasa besarnya. Dalam perencanaan konstruksi ini, harus sangat mempertimbangkan kestabilannya, sehingga arah dan kekuatan angin serta turbulensi yang terjadi, perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu.



Jembatan Terindah di Shanghai - China






Nanpu Bridge, di Shanghai - China


Jembatan cable yang menghubungkan antara Puxi dan Pudong, Jembatan ini panjangnya 423 M dan diresmikan tahun1991,
Data-data konstruksinya belum dapat. sorry.








Jembatan Terpanjang di China


Jembatan Jiaozhou


China baru saja membuka jembatan terpanjang di atas laut. Jembatan itu membentang di Teluk Jiaozhou, Provinsi Shandong, Qingdao, di China Timur, dengan panjang mencapai 41,58 km.
Jembatan ini memiliki enam jalur dan lebarnya sekitar 110 feet atau sekitar 33,5 meter. 
Jembatan ini dibangun dalam waktu empat tahun, dan telah menyandang beberapa gelar rekor dunia dan penghargaan nasional. Sebelum itu, butuh lebih dari 17 tahun bagi pemerintah dan para ahli untuk menyelesaikan eksplorasi, perencanaan, desain dan penawaran untuk proyek tersebut.
Zhou Fengjun, seorang akademisi dari Chinese Academy of Engineering, mengatakan: "Bagian tersulit adalah di mana kami harus mencari jalan secara teknik untuk mengatasi kandungan garam yang tinggi dan es musim dingin di lautan Teluk Jiaozhou, agar tidak akan merusak struktur jembatan."
Seperti diberitakan Time, Jembatan Jiaozhou Bay merupakan jembatan terpanjang keenam di dunia, yang pernah dibuat. Jembatan ini memecahkan rekor jembatan terpanjang di atas air yang panjangnya lebih dari 2,5 mil, mengalahkan jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat.
Jembatan ini dibuat sangat kokoh. The Guinness Book of World Records mengumumkan jembatan itu sebagai "jembatan tahan gempa dan angin topan", dan didesain utuk tetap berfungsi walaupun ditabrak oleh sebuah kapal berbobot 300 ribu ton.
Selain itu, pemerintah China juga tengah membangun tiga buah jembatan darat lainnya, yakni Danyang–Kunshan Grand Bridge sepanjang 102 mil, Tianjin Grand Bridge sepanjang 71 mil, serta Beijing Grand Bridge sepanjang 30 mil. 
Nantinya, jembatan-jembatan itu akan menjadi yang terpanjang di dunia, masing-masing di urutan kesatu, kedua, dan kelima dunia. Hingga kini, sebelas dari 15 jembatan terpanjang dunia, berlokasi di China.



Jembatan Terindah di Portugal




Jembatan Vasco da Gama ini merupakan jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan kabel ini membentang di sungai Tagus sepanjang 17.200 M.




Vasco da Gama Bridge, jembatan terpanjang di Eropa ketika diresmikan  31 Maret tahun 1998 hanya 18 bulan konstruksi (hebat) dan  saat ini salah satu jembatan yang terpanjang di dunia.

(memiliki panjang yang sama sebagai jalan-terowongan kereta api-jembatan yang menghubungkan Denmark dan Swedia).

Jembatan Terindah di London






Tower Bridge


















Jembatan Terindah di Belanda






Red Bridge






















Jembatan Terindah di Jepang


Kintai Bridge (Iwakuni-Japan)




















Jembatan Akashi-KaiKyo  Bridge (Kobe-Naruto, Japan)




adalah suspension bridge di atas selat  Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di Jepang.

Jembatan terdiri dari 3 rentangan dengan panjang keseluruhan 3.911 meter. Panjang rentangan utama yang ada di tengah-tengah 1991 meter, sedangkan panjang 2 rentangan yang menuju ke darat, masing-masing 960 meter. Panjang rentangan utama melar 1 meter akibat Gempa bumi besar Hanshin 17 Januari 1995, padahal sewaktu dibangun panjangnya cuma 1990 meter. Menara jembatan tempat kabel-kabel diikat, tingginya 300 meter di atas permukaan laut.
Jembatan dirancang agar bisa bertahan dari gempa bumi hingga 8,5 skala Richter, derasnya arus laut di S. Akashi serta tiupan angin kencang hingga kecepatan angin maksimum 286 km/jam.

Jembatan Air Mancur Terindah di Korea




Jembatan Banpo melintas sepanjang Sungai Han di Seoul. 
Jembatan ikon ibukota Korea ini, juga di beri kehidupan baru dengan penambahan air mancur yang sangat menarik, khusus dirancang untuk menarik lebih banyak wisatawan. 
Air mancur di Jembatan Banpo telah diinstal dan menjadi jembatan wisata. Banpo Bridge, telah berubah menjadi daya tarik wisata.
Setiap menit 190 ton air memancar melalui hampir 10.000 nozel (lebih tepatnya 9, 380) di kedua sisi jembatan. 
Sebanyak 380 pipa penyemprot pada kedua sisi jembatan mampu memompa sebanyak 190 ton air dari sungai Han dalam 1 menit.





1 comment: