Wednesday, December 7, 2011

Menu anti Toksin

Tinggal di kota besar membuat orang akrab dengan polusi, baik polusi udara, air, maupun makanan. Tubuh kita menumpuk banyak racun yang harus dikeluarkan agar tetap sehat. Tioksin yang terdapat dalam tubuh ternyata juga dapat membuat tubuh gemuk.


Tubuh kita memiliki kemampuan alami untuk membuang toksin. Namun, racun yang masuk melalui polusi asap rokok dan kendaraan, air yang tercemar, serta makanan yang mengandung pengawet dan bahan tambahan membuat tubuh kelebihan toksin.


Untuk mengeluarkan toksin, tubuh harus bekerja ekstra keras. Makanan yang dikonsumsi tidak dicerna dengan sempurna karena tubuh sibuk membuang racun. Akibatnya, orang mudah stres, kembung, kurang bergairah, bahkan berat badan bertambah.


Karena itu mulailah dengan cermat memilih makanan. Pilih bahan makanan yang banyak mengandung bahan segar. Berikut rekomendasi menu sehat untuk detoks sekaligus diet, seperti yang disarakan naturalfooddetox.


SARAPAN

Oatmeal (200-320 kkal)



  • Campurkan kayu manis bubuk, satu sendok teh madu, dan flaxseed ke dalam oatmeal yang  sudah diseduh atau dimasak. Jika ingin menambahkan susu, gunakan susu kedelai. Tambahkan walnut cincang atau potongan buah segar.
  • Yogurt dengan buah/kacang/oatmeal (200-300 kkal).
  • Campur yogurt plain tanpa lemak dengan potongan buah, 1 sendok makan madu, dan ½ cup oatmeal mentah. Jika ada, tambahkan flaxseed, almond, dan walnut. Bermanfaat baik bagi pencernaan dan bisa meredam stres.

Roti dengan telur rebus dan buah (200-280 kkal)
Olesi roti gandum utuh dengan mustard, kemudian beri telur rebus. Sajikan dengan buah segar.


Snack pagi
Makanlah buah segar yang dicampur ½ cup yogurt plain, potongan wortel, potongan mentimun, atau potongan paprika. Buah membantu tubuh mencerna makanan lebih cepat.


MAKAN SIANG

Nasi merah dan kacang-kacangan (300 kkal)

Lengkapi 100 g nasi merah dengan 75 g kacang-kacangan jenis buncis (misalnya kacang merah, buncis, kapri, atau kecipir), dan sayur-sayuran. Menu ini akan membuat kenyang sekaligus membantu sistem pencernaan karena kaya serat.


Salad berprotein (250-450 kkal)
Campur selada, bayam, kubis, mentimun, bawang bombay, tomat, paprika, wortel, brokoli, dan kembang kol di dalam wadah. Bumbui dengan minyak zaitun, cuka, jus lemon, serta garam dan merica. Beri topping cottage cheese, kacang merah, atau telur rebus. Sayur dan buah untuk salad dapat dipilih sesuai selera.


Sandwich sarden (300 kkal)
Panggang 2 lembar roti gandum utuh, tambahkan sarden. Menu ini kaya mineral, kalsium, vitamin, dan asam lemak omega 3.


Snack siang
Kurang lebih sama dengan snack pagi. 


MAKAN MALAM

Pizza sayuran (350 kkal)

Siapkan piza bread, taburi mozzarella parut, tomat segar, basil, garam, dan merica. Panggang dalam oven toaster sampai keju meleleh dan tomat menjadi layu.


Ikan dengan kentang dan salad (350 kkal)
Bakar ikan dengan lemon. Sajikan dengan kentang rebus yang dilumuri minyak zaitun, daun ketumbar, dan salad.


Snack malam
Kacang-kacangan, popcorn buatan sendiri, serta buah/sayur segar.


Makan 5-6 kali sehari dengan menu sehat akan meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh mengeluarkan racun. Tentu saja hal ini perlu dibarengi dengan olahraga serta minum air putih minimal 8 gelas sehari.

No comments:

Post a Comment