Friday, December 9, 2011

Kuliner Solo

Dah lama banget gak pulang ke kota kelahiran nenek moyang, kangen juga.
Kangen sama kulinernya yang pasti, hehe gak jauh deh dari situ.
Kalau keluarga ortu kan sudah sepuh- sepuh, banyak yang sudah gak inget n gak ada.
Ngomong ngomong soal makanan yang paling aq kangenin tuh pecel sama sambel tumpang,
masalahnya di Jakarta gak ada yang komplit seperti di Solo, segala macam daun n kembang ada, hahaa kebun kali.

Aq mau sedikit berbagi nostalgila kulinernya Solo, sapa tau aza ada yang tertarik buat ngirim pake tiki, @ngarep.com.
pecelnya komplit banget ada daun kenikir, bunga turi, jantung pisang trus bumbunya juga pake wijen ada yang putih atao item, gak ada tuh di Jkt.
ayo pilih sendiri maunya apa segala macem tanaman ada, emang kambing pemakan segala daun, hehe. yg enak tuh sebenarnya bumbunya pake wijen, mahal.
kalo ini namanya Selad Solo, di Jkt dah mulai banyak walaupun rasanya agak beda, kalo yang asli tuh ada kayak mayonaise yg dibuat dari kuning telur rebus ditambah apa ya lupa namanya warnanya kuning rasanya agak asam. trus ada racikan bawang merah mentah.
kalo ini namanya sambel tumpang, sayuran kukus yang dikasih sambel campuran dari tahu krecek nah kuncinya ada pada kuahnyanya yg terbuat dari tempe busuk n kencur.
nah ini tempe busuknya. jadi kalo beli tempe bungkus jangan langsung dipake diemin beberapa hari sampe bau acem. beneran kalo gak pake tempe busuk gak enak deh. gak tau secara kesehatan sehat gak ya? gak usah dipikirin toh makannya setaun sekali juga belum tentu.
nah ini makan malem gw kalo di Solo minumnya wedang ronde, sedap banget. tapi kalo di Jkt nasi liwet ini dah ada, aq sering mkn kalo liburan pagi di Cinere, rasanya miriplah gak jauh beda sama yg di keprabon. nasi liwet tuh nasi yang dimasak dengan kaldu ayam kampung, jadi gurih banget, ditambah sambel goreng labu, kuning telur kukus, santan kental apa ya namanya, pokoknya yang warnyanya putih itulah, terus dikasih telur pindang sama ayam kampung suwir, pake ati lebih enak lagi mantap.
ini nih minuman kesukaan wedang ronde. biasanya ada kacangnya, cuma aq gak suka, enaknyanya ya begini ronde doang, dalamnya rondekan udah ada kacangnya, ya gak.
kalo sate buntel udah banyak ya di Jkt, rasanya ya gitu- gitu aja gak ada yg spesial. Tapi ini termasuk kuliner khas Solo juga.
salah satu menu sarapan di Solo ya ini tahu kupat, enak tahunya laen sama tahu bandung dan kuahnya manis kan orang Solo sukanya yang manis manis, beda dengan Magelang kalo kupat tahu magelang pake kacang yang diulek. Dulu Ibuku sukanya bikin tahu acar, isinya mirip tahu kupat tapi gak pake kupat dan dikasih mie n acar, rasanya seger, jadi aku lebih suka tahu acar drpd tahu kupat.

salah satu makanan favorit yang gak ada duanya yaitu Timlo Solo, isinya sosis solo, ati, ayam suir, telu puyuh pindang, enak banget, dan kayaknya di Jkt belum ada deh, di Solo aza yg enak tuh di dkt pasar pon, kuahnya seger banget. Biasanya kita kalo abis makan disitu lanjut ke toko orion buat beli oleh2, yg ngetop di orion tuh roti mandarin kayak lapis surabaya.
nah ini yang dibilang roti mandarin, oleh-oleh khas Solo. bentuknya mirip lapis surabaya. enak banget buat temen ngopi. ada beberapa type, ada yg pake spesial, ada yg butter.
biasanya di depan orion ada penjual es duren, es puter pake tape, kalo di Jkt namanya es podeng, tapi kalo di Solo tuh cuma pake tape hijau aja sama es puter gak pake alpukat dll. enak seger soalnya pake tape ketan hijau rasanya jadi seger.
salah satu minuman khas yg kusuka yaitu es dawet. es dawetnya isinya dawet, selasih sama bubur sumsum.
kalo ini minuman yang bikin kenyang banget, namanya gempol, yg enak di penumping. isinya macem - macem, nglihanya aja udah kenyang.
es campur ala Solo. salah satu es kesukaanku. isinya tape ketan, cendol, nangka dll. yang aq heran hampir semua es di Solo pasti isinya tape ketan, bubur sumsum, n dawet ato cendol.
kalo bebek kartosuro di Jkt dah banyak cabangnya. sebenarnya di Solo tuh ada 2 yang enak pak ndut dan H Slamet. Cuma di Jakarta yang ngetop slamet.
asem asem khas makanan solo, isinya ati ampela, kikil,tetelan n sayur buncis.
kalo di resto Jkt biasanya asem asem iga seperti foto yg aq upload.
kalo ini gudeg Solo nih sebenarnya agak beda dg gudeg yogya, gak semanis gedug Yogya, menurutku lho. yg enak di Solo yah di adem ayem, soalnya deket rumah om gw, hehe.
cabok rambak tuh makanan yang dijual sama mbok mbok keliling, jarang ada resto yang jual makanan ini. isinya kupat, karak n bumbu kayak kanji gitu tapi rasany enak rasa bawang putihnya tajem sama apalagi, termasuk langka sih jadi dah lupa rasanya.
nah ini karak kesukaanku padahal buatnya dari blenk atao orang skarang bilangnya borak ya? bahaya donk, tapi enak sih.


cemilan khas solo, serabi notosuman. di Jkt dah banyak yang jual, tapi kalo yang asli notosuman gak ada yang rasanya aneh2 kayak keju, pisang, itu bukan notosuman. Soalnya kalo kita ke Notosuman, mereka cuma jual yg original n yg pake meses coklat, gak ada yg macem2.







oya kalo kita ke manahan, sepanjang jalan disitu banyak yang kual kue ini namanya leker, lumayan enak.
nah ini makanan dengan kholesterol tinggi khas dari Solo namanya tengkleng biasanya dari kambing atau kepala sapi. gak ada yang terbuang semua dijadiin tengkleng, kasian kucing di Solo gak dapet makanan, kwkwkw









ini lagi minuman yang bikin kenyang wedang asle, isinya mirip sama yang lain ada bubur sumsum, roti, kolang kaling, agar-agar.



ini termasuk wedang favorit gak ada di tempat lain dan wangi banget karena selain pake jahe, ada kayu manis, sereh sama apalagi ya yang bikin dia wangi? enak banget diminum saat malm n dingin.
ini juga termasuk makan favorite buat nyamiaan namanya rambak petis, petisnya beda sama petis peis jawa timur yang bau amis. kalo ini petisnya manis n rambaknya juga beda dengan rambak2 yang dijual di jakarta, ini enak banget deh apalgi pake petis. pokoknya solo gak jauh dari yang manis mais kayak orang nya, hahaha

dulu aq suka sama brem Solo beda dengan brem madiun, tapi skarang gak begitu suka, soalnya bikin lambung perih, hehe.

ini namanya garang asem makanan khas solo juga biasanya ati ampela ato ayam, enak tapi gak terlalu ngetop ya, kurang disukai termasuk gw.

Di Solo yang jual oleh oleh selain toko orion ada lagi di coyudan namanya toko varia dari jaman aq kecil varia ini dah ada, tokonya kecil tapi ramenya minta ampun, toko belum buka orang dah ngantri di depan toko. Yang paling ngetop dari varia itu abon sapi pedas yang manis juga ada ayam juga ada, cuma aq sukanya dari dulu ya sapi pedas enak banget apalagi digado gitu aja sedap. Aq kalo beli rambak petis juga disini, kalo di tempat lain petisnya gak enak. Di Varia ini juga jual kripik paru, belut, ceker, dan kripiknya lebih enak dari orion, kalo yg di orion titipan jadinya kurang enak.
Kalo sosis solo di varia juga lumayan enak tapi ukurannya besar, aku sukanya yang mungil, aq lebih suka makan sosis solo ato salad solo itu di RM per4 slamet riyadi. deket varia itu ada juga toko ganeb namanya jual roti kecik. rasanya khas banget enak n wanginyanya tuh wangi cengkeh n kayu manis kalo gak salah. anak kecil pasti doyan banget, aq aja masih suka.








ini nih abon varia yang ngetop, tapi ini yang ayam bukan sapi. 
Tanpa campuran, gak seperti yang dijual di tempat lain.




kripik belut salah satu yang aq suka, tapi yang asli sih dari daerah delanggu, kiloan gitu jualnya dan besar besar. Tapi kalo aq sukanya belut yg kecil-kecil lebih gurih dan renyah.


kalo kripik paru yang enak di varia, ada juga usus sama kripik jamur juga enak rasanya mirip paru cuma kecil-kecil.
ini namanya sosis solo, isinya cuma daging gak pake sayuran, makanya semua anak suka. di Varia juga jual ukurannya besar2 mantap kenyangnya.


namanya onde-onde dari gandum, enak empuk, beda dengan onde2 yg di Jkt. kalo di Jkt kan dari tepung ketan alot trus tengahnya bolong diisi kacang ijo. Kalo onde2 Solo tuh dari gandum padet tapi empuk dan bentuknya kayak bunga mekar gitu ato mirip bentuk kue mangkok kali. Kalo yang enak empuk, api kalo udah lama jadi keras, kayak dodol makin lama makin keras.

apalagi ya yang enak dari Solo?
ini yang namanya roti kecik, adanya di coyudan juga gak jauh dari varia. kalo gak salah depan matahari.
apalagi ya yang enak dari Solo?

No comments:

Post a Comment